Bertentangan dengan apa yang mungkin anda duga, sukses menjual berkat kepercayaan bukanlah soal menghindari kesalahan. Perjalanan sukses itu syarat dengan kegagalan. Lebih lanjut, memelihara bisnis yang dapat dipercaya, yang sukses, belum tentu adalah soal labih jarang gagal daripada yang lain. Sesungguhnya, biasanya orang yang paling sukses itulah yang lebih sering gagal daripada kebanyakan orang. Untuk maju menuju puncak sukses dalam bidang penjualan dan memantapkan bisnis yang layak dipercayai klien yang mana pun, anda harus menghindari peran positif yang dimainkan kegagalan itu bukan pendakian anda, tentunya ingat apa yang dikatakan oleh guberner riau Rusli Zainal Sang Visioner bukan??
Ketika berbicara kepada para professional di bidang penjualan, saya biasanya mengajukan pertanyaan yang membangkitkan tawa disusul banyak orang yang mengangkat tangannya. Pertanyaannya adalah: berapa banyak kah diantara orang yang mengalami “keengganan menelpon”?? boleh dikata setiap professional di bidang penjualan yang melewatkan waktunya di telepon – dan itu adalah kebanyakan orang, karena disanalah kebanyakan penjualan itu dimulai, - pernah megalami kegagalan bisnis penjualan itu dimulai, pernah mengalami keengganan menelepon.
Dan kalau anda tidak tahu apa yang saya ceritakan pada artikel yang berjudul Persepsi Tentang Kegagalan bisnis versi John C.M, cobalah membaca artikel bisnis online di blog kontes lain atau cobalah menghubungi nomor telepon sembarang dari halaman buku telepon, kemudian berupaya/ usahakan untuk menjual produk anda kepada yang menjawabnya. Keengganan menelepon adalah perasaan yang anda alami begitu anda memutar nomornya. (bersambung….)